Home » » Jenis Komputer Berdasarkan Bentuk dan Ukuran Fisik

Jenis Komputer Berdasarkan Bentuk dan Ukuran Fisik

Jenis Komputer Berdasarkan Bentuk dan Ukuran Fisik



Komputer memang sudah tidak asing lagi bagi kita.komputer menjadi bagian dari hidup kita.mau tidak mau masyarakat harus mengikuti perkembangan jaman saat ini.berbicara soal Jenis komputer dari segi bentuk dan ukuran fisik,apa yang terlintas didalam pikiran kita ? apakah komputer yang Bentuk nya besar atau komputer dengan ukuran fisik yang lumayan besar ?mungkin dibenak kita mungkin iya komputer yang Bentuk nya lebih besar memiliki kemempuan yang besar pula.nah,jika anda memikirkan demikian mungkin prinsip anda tidak selalu benar.Ada juga komputer yang ukurannya lebih kecil dari biasanya memiliki kemampuan yang lebih dari yang komputer yang Fisiknya tadi lebih besar.Seperti yang kita lihat sekarang ini dulu komputer memiliki tabung dibelakangnya,nah,Sekarang ? kita sudah tau sendiri betapa pesat perkembangan tehnologi sekarang ini.bukan berarti ukuran fisik menentukan kemampuan suatu komputer.Untuk lebih jelasanya dibawah ini saya akan berbagi tentang Jenis komputer berdasarkan bentuk dan ukuran fisik.Semoga dengan artikel ini wawasan anda semakin bertambah dan mendukung pembelajaran kita kedapannya.

  I.Berdasarkan bentuk dan Ukuran Fisik

  Disini perlu ketahui bahwa komputer kemampuannya berdasarkan ukuran fisiknya.bukan berarti komputer yang ukurannya kecil,lebih kecil pula kemampuannya.sedangkan komputer yang fisiknya besar kemampuannya juga besar.

a. Tower (menara)
 Tower adalah yang biasanya diletakkan disamping atau dibawah meja, karena ukurannya yang relatif besar, sehingga memenuhi meja. Komputer ini biasanya banyak memiliki ruang didalamnya dan banyak memiliki expansion slot (tempat untuk memasang card tambahan), sehingga bisa ditambahkan dengan berbagai perangkat tambahan.

b. Desktop (meja)
adalah komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari dari Tower, tetapi biasanya diletakkan diatas meja. Komputer ini paling banyak dipakai karena harganya yang lebih murah bila dibandingkan dengan bentuk yang lain. Komputer yang kita pakai sekarang ini adalah jenis desktop.

 c. Portable (mudah dibawah-bawah) 
adalah komputer yang ukuran sedikit lebih kecil dari Desktop, karena bagian-bagiannya dapat dirangkai menjadi satu kotak saja, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Komputer ini ditujukan bagi pemakai yang sering bertugas dilapangan, misalnya insinyur yang bertugas menyelesaikan suatu rumah atau peneliti yang mengumpulkan data dilokasi yang jauh dari kantornya. Komputer ini kurang popular karena relatif besar dan berat.

d. Notebook (buku catatan) 
adalah computer yang ukurannya sebesar buku catatan (yang banyak dipakai pelajar dan mahasiswa Amerika) saja. Notebook mempunyai ukuran yang sama dengan kerta kuarto, yaitu 8 ½ x 11 inci, tebalnya berkisar 1 hinggan 1 ½ inci dan beratnya antara 4 sampai 6 kg.
e. Subnotebook 
adalah komputer yang ukuran ada diantara komputer notebook dan palmtop. Ukuran komputer ini sedikit lebih kecil dari notebook karena ada sebagian perangkat yang tidak dipasang, biasanya disk drive.
f. Palmtop 
adalah komputer yang dapat digenggam, karena ukurannya yang sangat kecil, kira-kira sedikit lebih kecil dibandingkan kaset video Beta. Komputer ini sering disebut handheld computer. Komputer ini tidak memerlukan aliran listrik, melainkan baterai kecil biasa (ukuran AA). Kelemahan dari komputer ini adalah layarnya yang terlalu kecil dan keyboardnya sedikit lebih kecil dari ukuran standar, sehingga menyulitkan pamakai

II.Komputer Berdasarkan Jenis Data yang Diolah

Berdasarkan pada data yang diolahnya, komputer dapat dibagai atas tiga bagian, yaitu ;
 a. Komputer Analog
 digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinu dan parallel, biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Contohnya komputer yang digunakan dirumah sakit untuk mengukur suhu, kecepatan suara, voltase listrik dll.
b. Komputer Digital 
digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi huruf & angka, karakter-karakter khusus) biasanya memerlukan bahasa perantara. Contohnya komputer PC dll.
c. Komputer Hybrid,
 merupakan kombinasi antara komputer analog dengan digital. Contohnya Facsimile.

III.Komputer Berdasarkan Penggunaannya

General Purpose Computer 
General Purpose Computer digunakan untuk menangani seluruh jenis masalah baik masalah bisnis maupun yang lainnya. Komputer jenis ini biasanya cocok untuk komputer pribadi (PC).

Special Purpose Computer 
Special Purpose Computer adalah komputer yang digunakan untuk menangani satu jenis masalah khusus. Komputer jenis ini biasanya telah diisikan suatu program kkomputer khusus, yang biasanya digunakan sebagai pengontrol proses-proses tertentu pada mesin pabrik, kepentingan militer atau pemeriksaan kesehatan. Dengan demikian bila ditinjau dari segi data yang diolah maka komputer jenis ini biasanya menggunakan koputer yang memiliki kemampuan hybrid.
Okey sampai disini dulu untuk hari ini,semoga artikel Komputer Berdasarkan bentuk dan ukuran fisik,jenis data yang diolah,dan berdasarkan penggunaannya berguna buat kita.
Thanks

(Sekubaba.com)

1 komentar:

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan"


Diberdayakan oleh Blogger.